Selamat Jalan, Aga.... - Adisty Titania

Sabtu, 17 Januari 2015

Selamat Jalan, Aga....

Seorang anak laki-laki, berusia 14 tahun ditemukan bunuh diri di dalam lemari bajunya.

Saat mendengar pemberitaan seperti itu, apa yang ada dibenak kita? Shock. Mungkin kata ini yang paling tepat untuk meggambarkan perasaan kita. Paling nggak, gambaran ini saya bisa lihat dari teman-teman sekantor, di Female Daily Network.

Pagi ini, Mbak Shanti, Managing Editor Female Daily nge-share berita soal kematian almarhum Aga. Siswa SMP yang dikenal berprestasi di sekolahnya. Sayangnya, Aga ini dikenal sebagi anak yang pendiam. Lewat pemberitaan yang saya baca, kemungkinan besar Aga sifat tertutup Aga ini dikarenakan kondisi orangtuanya sudah lama bercerai. Keputusan Aga untuk suicide, konon dipengaruhi  oleh Manga, Death Note,  yang sering ia tonton atau baca.

Tapi, apa iya cuma karena itu?

Ya... nggak ada yang nggak mugkin, sih. Tapi rasanya kalau cuma gara-gara baca komik atau nonton Manga, agak susah juga ya. Maksudnya... pasti ada alasan lain di balik itu semua.

Yang jelas, sebagai Ibu dari anak laki-laki, saya tau benar kalau anak laki-laki memang lebih tertutup di bandingkan anak perempuan. Tugas kitalah yang harus bisa memancing mereka untuk bisa lebih terbuka.

Seperti yang dipesankan oleh Elly Risman, kita sebagai orang tua  harus bisa mengasuh dari kaca mata anak-anak. Orangtua  sering lupa kalau mereka punya hutang yang besar, yaitu hutang waktu kebersamaan. Sering kali yang diperhatikan orangtua hanyalah gizi fisik saja, sementara gizi spiritual dan emosi sering dikesampingkan.

Aaaah.... jadi orangtua itu tugas yang sulit, ya! Proses belajar nggak akan bisa berhenti pada satu titik saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar