Bagaimana Cara Membuat Anak Tidur (Lebih) Tenang? - Adisty Titania

Rabu, 31 Desember 2014

Bagaimana Cara Membuat Anak Tidur (Lebih) Tenang?

Terkadang memikirkan solusi dari suatu masalah yang kita alami sebelum tidur, dapat menggangu tidur. jadi, tinggalkan kebiasan itu mulai sekarang- Leslie Swanson Ph.D Sleep Specialist dari Universitas of Michigan

Wiiih.... susah juga, ya kalau begini. Buat saya, yang sekarang sudah jadi seorang isteri sekaligus Ibu, menjelang tidur sering digunakan untuk mikirin berbagai hal. Paling nggak, mikirin apa saja sih yang sudah saya lakukan hari ini? Baik di kantor ataupun sikap saya kepada orang lain khususnya pada Bumi. Belum lagi kalau memang ada masalah berat lainnya. Mau nggak mau kan memang kebawa pikiran sampai menjelang tidur.  Iya nggak, sih?

Tapi, benar juga sih apa yang dibilang Leslie Swanson Ph.D di atas. Paling nggak kalau lagi punya hutang kerjaan yang akhirnya mau nggak mau kepikiran, pasti  tidurnya jadi nggak nyenyak. Boro-boro, deh, bisa mimpi indah dan tidur pules, yang ada malah sebentar-sebentar pasti jadi kebangun. Pantas saja ya kalau banyak para  ahli yang menyarankan kalau masalah itu memang harus diselesaikan sebelum tidur. Saya jadi ingat, kalau sebelum tidur Bumi ngerasa nggak nyaman atau ada sesuatu hal yang bikin dia kesal, pasti deh anak langang saya ini tidurnya gelisah. Bahkan suka ngigau.

Awalnya saya pikir ngigaunya Bumi karena faktor turunan. Maklum, deh, bapaknya Bumi kalau malam suka ngomong sendiri ketika tidur, hahaha. Tapi rupanya penyebab Bumi ngigau atau gelisah saat tidur bisa dikarenakan ada sesuatu yang bikin dia nggak happy. Hal ini juga dipertegas oleh Mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi. Waktu acara blogger gathering dan Mommies Daily, psikolog anak ini bilang kalau yang namanya emosi stabil dan tenang pada anak sebelum tidur itu is a MUST. Kalau nggak, ya, akibatnya bisa bikin tidur anak nggak tenang.

Lalu gimana caranya bikin anak tidur lebih tenang? Sejauh ini sih, ada beberapa cara yang biasa saya lakukan, salah satunya lewat sesi curhat sebelum tidur. Momen ini biasanya kami gunakan untuk cerita apa yang sudah kami lakukan hari itu, jadi kalau memang ada sesuatu hal yang Bumi rasa nggak enak, saya berharap Bumi bisa mengeluarkan isi hatinya. setelah itu, baru deh, sesi bacain buku. Buat anak balita seperti Bumi, tidur berkualitas tentu saja diperlukan. Jangan sampai gara-gara  tidurnya kurang atau tidurnya nggak nggak pulas, efeknya jadi ke mana-mana. Mau tahu lebih soal mengenai pentingnya tidur bagi anak? Lihat lewat video ini deh, http://bit.ly/md2min.



Eh, tapi benar, lho.. masalah tidur berkualitas ini memang nggak bisa disepelekan. Bahkan menurut Mbak Vera, tumbuh kembang anak. termasuk untuk memaksimalkan bakat dan potensi anak. Salah satu pesan Mbak Vera yang mesti digarisbawahi adalah hal lain  yang nggak kalah penting adalah kita pun sebagai orang tua harus bisa santai dan tenang lebih dulu. Jika ibunya gelisah, ternyata akan mempengaruhi anak dan membuat mereka jadi susah tidur.

Biar tidur anak jadi lebih anteng, kita juga bisa memberikan sebuah objek untuk membuat mereka merasa lebih aman. Misalnya benda yang bisa dipegang dan lembut. Objek ini bisa berupa selimut, bantal guling atau mainanan lunak yang bisa dipeluk. Memang, sih saat ini Bumi sudah nggak bayi lagi. Tapi ternyata saran Mbak Vera untuk memberikan sesuatu yang bikin anak untuk merasa nyaman masih sangat berpengaruh, kok. Selama ini Bumi selalu memeluk boneka beruang kesayangannya, atau paling nggak, ya, guling bututnya, hahahaa. 

Oh, ya, ada kabar baik juga nih buat para orangtua yang suka kesulitan nidurin anaknya. Belum lama ini Fisher Price baru saja meluncurkan Soothe & Glow Seahorse, sebagai salah satu solusi para Mommies untuk menidurkan anaknya. Jadi boneka ini bisa ngeluarin suara lullaby yang lembut. wiiih... cakep banget, deh! Paling nggak, inovasi yang dibuat Fisher Price ini bisa memudahkan ibu pekerja untuk nidurin anaknya. Kebayang dong kalau sampai jam 12 malam anak belum tidur? Yang ada, malah besoknya kita yang jadi cranky.



Fisher Price juga mengadakan kontes #Bayikubobo di laman Facebook Fisher Price. Kontes yang bisa jadi sarana pra ibu semacam saya untuk tukar pengalaman bagaimana menidurkan buah hatinya. Ada yang mau ikutan share pengalaman? Yuk, ah langsung saja kunjungi www.bayikubobo.com .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar