Serunya MPASI - Adisty Titania

Senin, 20 Desember 2010

Serunya MPASI

Melihat perkembangan dan pertumbuhan anak, pasti jadi moment yang paling membahagiakan buat semua orang tua. Termasuk saya. Salah satu yang paling seru, saat anak lulus S1, dan masuk ke tahap berikutnya. Yup, apalagi kalau bukan mengenalkan MPASI. Duuh.... seru banget deh!

Sebagai ibu yang ingin memberikan anak yang terbaik, saya  pun udah sibuk cari informasi ke sana ke sini. Getol deh pokoknya! Selain tanya ke mbah gugel, sahabat saya yang sudah lebih dulu jadi ibu pun nggak luput dari berondongan pertanyaan saya.

"Makanan apa sih paling bagus?"

"Memangnya pertama kali, harus mengenalkan gasol ya?"

"Lebih bagus kenalin gasol, sayur  atau buah-buahan duluan sih?"

"Boleh nggak langsung kasih bubur saring?"

dan bla bla bla bla bla....


Beragam jawaban pun akhirnya saya dapatkan. Contohnya dari salah satu sahabat saya, bunda Tombol a.k.a Isthiningrum  :) waktu itu, dia menyarankan agar saya memberikan gasol lebih dulu. Iya sih, konon gasol paling tepat diberikian untuk anak yang baru kenal MPASI. Selain lewat Isthi, doker anak Bumi  pun ngak luput saya tanyakan. Dan ternyata, sang dokter anak, prof.  Rulina bilang, selain buah-buahan, nggak masalah kok kalau mau langsung mengenalkan bubur saring tanpa harus mengenalkan pada gasol. 

Setelah ke sana kemari tanya, menibang ini itu,  ujung2an saya memberanikan diri memberiakan MPASI pertama untuk Bumi, tim kentang. Yup, modalnya cuma kentang rebus yang saya campur dengan susu formula. Jadilah MPASI pertama untuk Bumi. Hasilnya? Bumi lahaaapppp bukan main. Seneeeng deeh liatnya.... layaknya jalan tol, suapan demi suapan Bumi habiskan dengan tanpa hambatan.

Selanjutnya, seiring pertumbuhan, sekarang Bumi sudah banyak mencicipi beragam makanan. Resepnya  hasil tanaya ke sana kemari, lewat buku resep, plus hasil ekperimen saya sendiri ^,^ Untuk bahan-bahannya masih  nggak jauh dari sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, brokoli, wortel, labu kuning, labu siam, buncis atau kacang panjang. Selain sayur-sayuran, tentu ditambah dengan tahu, tempe, ikan salmon, ikan Dori, dan ayam. Ohiya, sejak 7 bulan Bumi pun sudah mencicipi telur, lho. Alhamdulillah, nggak ada masalah seperti alergi....

Pada dasarnya, pengolahan  MPASI sama kok. Mudah. Tinggal direbus, baru disaring. Pastinya dimulai dari saringan yang halus, baru yang kasar. Setelah pencernaannya kuat, baru deh dipotong kecil-kecil. Untuk pengolahannya sendiri, juga gampang kok. Hampir semua resep prosesnya sama. Yang membedakannya, hanya dari bahan dasarnya aja. 

Sama kayak kita yang udah tua, bayi pun pasti ngerasain bosan. Jadi, jangan kasih resep itu-itu terus.Sebagai ibu, tugas kita deh untuk mengkreasikan makanan sedemikian rupa. Misalnya nih, sudah dua hari sayur yang kita pakai brokoli, hari selanjutnya diganti deh dengan sayur lain...

Tapi, sejauh ini saya juga belum menambahkan garam atau gula dulu saat membuat MPASI. Tapi, waktu Bumi masuk ke 8 bulan, saya sudah menambahakan mentega. Selanjutnya, saat 10 bulan, saya sudah berani menambahkan ini itu, seperti keju. Selain supaya bisa memberikan rasa gurih, enak dan lezat,  mentega dan keju juga sebagai tambahan nutrisi atau kalori. Selain itu, saat Bumi sudahagak besar, saya juga memberikan Bumi sarapan outmeal atau roti. Tapi, yang jelas bukan roti yang ditambahkan meses atau selai lho. Rotinya tetep di tim. 

Nasi Tim Saring Ayam Isi Keju
Bahan:
Beras organik, ayam, tempe, buncis, tomat dan keju.

Cara membuatnya :
Pertama, masak dulu berasnya. setelah beberapa menit baru masukin bahan yang lainnya (kecuali keju). Nah, setelah sayuran masak, angakat deh. Setelah itu baru di saring (dengan saringan halus), kemudian ditambahkan dengan keju yang diparut.

Nasi Tim saring dengan Teri 
Bahan:
Beras organik, tempe, bayam, wortel, teri medan

Cara membuatnya :
Pertama, masak dulu berasnya. setelah beberapa menit baru masukin teri. Bahan yang lainnya menyusul setelah teri sudah empuk. Nah, setelah sayuran masak, angakat deh. Setelah itu baru di saring (dengan saringan halus). 

Tim Kentang
Bahan:
Kentang, tempe atau tahu, wortel, tomat, telur. keju parut

Cara membuatnya:
Rebus kentang terlebih dahulu, setelah agak lunak, masukan sayuran yang lain. Setelah matang, angkat dan haluskan dengan saringan. Supaya nggak amis, masak telur secara terpisah, kemudian saat menyajikan baru disatukan.


Tim Roti
Bahan:
Roti, ayam, wortel, brokoli, keju parut

Cara pembuatan
Rebus ayam terlebih dahulu, setelah itu masukan  roti yang sebelumya sudah dipotong kecil-kecil. Setelah beberapa menit, baru masukan sayur mayur yang lainnya.  Saring dan sajikan.



Note: 
Untuk bubur saring, selain ikan dan ayam,  sebagai variasi bisa juga diganti dengan hati ayam atau hati sapi... Untuk sayur-sayurannya, ganti-gantian aja. Biar nggak bosen :)























Tidak ada komentar:

Posting Komentar